SEARCH ENGINE OPTIMAZITION (SEO)
Data yang tersedia di internet sangat banyak dan beragam. Hal yang di lakukan dalam mencari data yang diinginkan yakni dengan menuliskan kata yang sesuai dengan pencarian di mesin pencari internet. Mesin ini disebut dengan Search Engine Optimization (SEO). Para pemasar dapat memaksimalkan mesin pencari ini dengan beberapa strategi dan teknik optimasi SEO,salah satunya dengan memperbanyak artikel dan pengunjung dari wbsite pemasar yang telah di sediakan. Untuk memahami tentang Search Engine Optimization (SEO), simaklah materi berikut !
A.   Pengertian SEO
Dalam kegiatan pemasaran online,SEO memiliki peranan yang penting. Hal ini dikarenakan SEO dalam bisnis online mampu memberikan pengaruh yang signifikan pada usaha pengembangan bisnis. Berikut akan dijelaskan mengenai pengertian SEO dan jenis jenis optimasi SEO.
1.      Pengertian SEO menurut paera ahli
Di dunia bisnis yang semakin berkembang saat ini, baik pengusaha skala kecil maupun besar masing-masing berlomba untuk mengajukan eksistensinya melalui web yang jaauh lebih besar. Oleh karena itu, kehadiran search engine merupakan salah satu solusi agar website para pengusaha tersebut dapat ditemukan dengan mudah . lalu ,apa itu SEO? Adapun pengertian SEO menurut bebrapa ahli,sebagai berikut.
a.      Neil Patel
SEO adalah sebuah seni untuk mmahami search engine dan menggunakan pengetahuan tersebut untuk membuat sebuah website memiliki peringkat lebih tinggi di dalam search engine.
b.      Danny Sullivan
SEO adalah seseorang yang mengerti bagaimana orang mencari seuah informasi dan memastikan bahwa mereka atau klein mereka cukup terlihat di area pencarian gratis yang di sediakan.
c.       Rand Fishkin
SEO adalah kombinasi dari taktik dan strategi yang mencakup tetapi tidak dibatasi oleh optimalisasi informasi, kemudahan penggunaan ,fokus pada konten , penargetan audiensi, desain , perkembangan situs, penelitian keywoard, penempatan keywoard, link building, social media marketing dan segala macam elemen marketing dan segala macam eleman marketing online maupun offline yang mndukung tujuan untuk menerima lebih banyak trafik dari search engine.

Adapun yang di maksud dengan search engine optimization, yang biasa do singkat SEO adalah suatu usaha yang di lakukan pada sebuah blog yang bertujuan  untuk meningkatkan jumlah traffik kunjungan melalui mesin pencari menuju wbsite atau blog tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut yang biasa di kenal dengan istilah optimasi SEO. Selain itu, dalam mesin pencari juga terdapat SERP (Search Engine Result Page). Search Engine Result Page(SERP), yaitu daftar halaman web yang di tampilkan oleh search engine sebagai respon terhadap kata teknik yang di ketik pada mesin pencari.
2.                Teknik SEO
Dalam SEO terdapat 2 teknik yang dapat di gunakan untuk melakukan optimasi. Di mana kedua jenis teknik SEO, sebagai berikut.
a.       Teknik white hat SEO
Teknik white hat SEO adalah suatu teknik optimasi SEO yang dipergunakan oleh seorang webmaster untuk mengoptimasi web atau blog mereka dengan cara legal dan tidak melanggar kebijakan yang di tetapkan oleh search engine.
b.      Teknik black hat SEO
Teknik black hat SEO adalah suatu teknik optimasi SEO yang di pergunakan oleh seorang webmaster untuk mengoptimasi web atau blog mereka dengan cara ilegal yang melanggar perarturan dan kebijakan yang di tetapkan oleh search engine.
B.   Jenis Optimasi SEO
Search Engine Optimization (SEO) merupakan upaya untuk meraih peringkat utama di hasil pencarian search engine. Apa yang du optimalkan ? Website dan visibilitasnya di dunia internet.
Mesti SEO merujuk pada frase search engine optimization , namun sebenarnya yang di sesuaikan dan di optimalkan adalah websitnya,agar isi dan struktur web sesuai dengan kemampuan dan setting algoritma search engine. Di mana dalam SEO ini terdapat dua jenis optimasi. Kedua optimasi tersebut adalah optimasi SEO on page dan optimasi SEO off page. Meskipun jenis optimasinya berbeda, namun tujuannya tetap  sama. Tujuan dari di lakukannya optimasi SEO on page maupun optimasi SEO off page,yaitu menempatkan sebuah situs web atau blog pada posisi teratas hasil pencarian, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan keywoard (kata kunci) tertentu yang di bidik atau di targetkan dan perbedaanya terletak pada cara optimasinya.
Berikut penjelasan mengenai masing masing optimasiSEO.
1.      Optimasi SEO on page
Tahukah anda apa itu optimasi SEO on page ? Optimasi SEO adaalah sebuah optimasi mesin pencari yang dilakukan pada blog atau website yang dimaksud dari dalam blog itu sendiri. Adapun jenis optimasi SEO on page,sebagai berikut.
a.       Optimasi SEO on page pada URL
Terkadang banyak orang yang mampu memahami tentang URL yang baik. Di mana URL yang baik itu seharusnya berisikan domain/kategori/sub_kategori/judul_artikel.
b.      Optimasi SEO on page pada domain
Untuk domain ,jika memang di gunakan sebagai keywoard makan disarankan tanpa menggunakan tanda pemisah seperti “-“. Misal kata kunci yang ingin di optimasikan adalah “tutorial bisnis online” maka akan lebihbaik membuat domain “http://tutorialbisnisonline.com” daripada http://tutorial-bisnis-online.com.
c.       Optimasi SEO on page pada judul halaman (title page)
Judul halaman sudah tentu diupayakan mengandung kata kunci yang di targetkan, karena bagaimanapun judul halaman haruslah berisi kata penting pada halaman tersebut. Ini juga yang menjadi dasar berkembangnya teknik dynamic heading , di mana para pembuat blog atau web berupaya agar halaman artikel menampilkan judul artikel sebagai judul halaman. Poin dari judul halaman sangat besar di dalam teknik onpage halaman web.
d.      Optimasi SEO on page dengan meta description
Meta desciption yang baik adalah berbeda-beda pada setiap artikel karena masing masing artikel memiliki topik sendiri. Meta description ini harus memperhatikan beberapa hal,yaitu :
1)      Panjangnya meksimal 150 karakter
2)      Tidak mengulang suaru kata lebih dari dua kali.
3)      Mengandung kata kunci tertarget di bagian-bagian awal.
e.       Optimasi SEO on page pada title tag
bagian ini berada pada <head>,dan kodenya adalah :<title>isi dari title tag</title>. Dimana yang terpenting adalah apa saja yang bisa anda isikan pada title tag ini. Cara terbaik mengisi title tag adalah dengan menggunakan kata kunci dan pamjangnya tidak lebih dari 70 karakter. Adapun yang perlu diketahui bahwa semakin di depan kata itu, maka poinya akan sangat tinggi. Jadi sebaiknya format dari isi title tag adalah JUDUL ARTIKEL saja, atau JUDUL ARTIKEL-NAMA BLOG.
Sebaiknya hindari struktur NAMA BLOG:JUDUL ARTIKEL, kecuali blog atau web anda sudah punya reputasi yang sangat baik.
f.       Optimasi SEO on page pada gambar
Berhubung Google dan yang lainnya belum dapat mengenali gambar , maka cara terbaik memberitahu Google apa isi dari gambar adalah menggunakan alt tag. Ini termasuk salah satu teknik on page, karena tujuan utama dari sebuah halaman web adalah memberikan informasi yang paling relavan kepada pembacanya , dan terkadang informasi itu dapat berupa gambar.
g.      Optimasi SEO on page pada artikel atau berita
Dalam optimasi SEO on page pada artikel atau berita usahakan keywoard density (kepadatan kat kunci) tidak kurang dari 3%. Selain itu , yang tidak kalah penting adalah menyebarkan keywoard tersebut dengan alami sehingga tetap enak di baca pengunjung.  


2.     Optimasi SEO off page
Jika optimasi SEO on page dilakukan dari dalam blog , maka optimasi SEO off page di lakukan dari luar blog itu. Jadi, SEO off page merupakan hal hal yang di lakukan di luar halaman web pages demi meningkatkan kinerja di search engine berdasarkan targhet keywoard yang memiliki hubungan dengan konten. Misalnya dengan mencari backlink, entah lewat bertukar link , banner,ataupun berkmentar di blog atau web orang lain.
Beberapa contoh SEO off page , yaitu :
a.       Backlimk dari website atau blog lain.
b.      Submit site map ke webmaster tools. Google webmaster tools adalah alat yang di sediakan oleh google untuk para webmaster (pemilik website). Alat ini membantu agar website atau blog  bisa terpantau dengan maksimal oleh google, dan di sisi lain memberi laporan yang mendetail tentang blog kepada pemilik.
c.       Posting artikel atau berita ke berbagai situs atau forum sosial bookmarking.
d.      Blog walking.
e.       Ping blog. Ping adalah cara yang dilakukan oleh blogger untuk memberitahukan update konten kepada search engine.  Sinyal XML-RPC akan dikirim kesatu atau lebih server ping yang memberitahukan bahwa situs atau blog tertentu memiliki konten yang baru. “dari berbagai sumber”,contoh :http://pingomatic.com/
Seperti yang anda ketahui , bahwa salah satu contoh SEO off page adalah backlink. Di mana back link adalah link dari blog atau website lain ke blog atau website anda. Sebuah backlink diibaratkan adalah sebuah rekomendasi , semakin banyak yang merekomendasikan , maka blog anda akan lebih mendapatkan perhatian dari search engine . adapun untuk memilih backlink perlu di perhatikan beberapa hal. Selain itu untukmembuat blacklink juga terdapat banyak metode atau cara yang dapat di gunakan.
Berikut adalah hal hal yang harus diperhatikan dalam memilih backlink dan metode untuk membuatnya.
a.       Hal hal yang perlu di perhatikan dalam memilih backlink
Adapun hal hal yang perlu di perhatikan dalam memilih backlink,sebagai berikut.
1)      Dalam memilih website yang nantinya akan di letakan backlink perlu mempertimbangkan trafik dan pagerank yang lebih baik dari web yang dimiliki, karena jika lebih rendah justru akan memberi pengaruh buruk pada web yang berujung pada SERP yang tidak baik.
2)      Carilah website yang dapat merekomendasikan pengunjungnya untuk mengarahkn keling perusahaan . sehingga web perusahaan akan di banjiri oleh pengunjung secara instan.
3)      Dalam membuat backlink juga harus memperhatikan aturan SEO , agar tidak di anggap melakukan spamming. Karena melakukan spamming tidak dianjurkan dalam SEO dan tidak di sukai oleh Google. Bisa jadi web perusahaan malah di kick oleh Google dan hilang dari indeks pencarian.
4)      Buatlah backlink secukupnya dan hindari menaruh backlink di situs yang mengandung pornografi dan menyimpang dari SARA.
b.      Metode membuat backlink di blog atau website
Metode yang dapat di gunakan untuk membuat backlink pada blog atau website sebenarnya banyak. Di mana metode tersebut , di antaranya :
1)      Blog walking
Adalah sebuah metode membuat backlink dengan cara mengunjungi blog yang mempunyai trafik tinggi dan berkomtar di postingan dengan menaruh URL blog atau web perusahaan disana. Cara ini adalah cara yang paling mudah dan sering di gunakan oleh para blogger.
2)      Website Submiting
Website Submiting adalah metode membuat backlink dengan melakukan submit web seseorang atau perusahaan ke dalam directory website yang menyediakan jawa web submiting.
3)      Social Bookmarking
Metode ini dilakukan dengan cara membuat artikel di situs social bookmarking dan menaruh link di sana. Banyak sekali situs social bookmarking baik dari Indonesia maupun dari luar negeri. Contohnya : reddit.com,infogue.com, delicious.com, digg.com, twitter.com, dan lain-lain.
4)      Sosial media
Cara ini di lakukan dengan share sebuah link melalui sosial media seperti facebook, gplus, Twitter, Youtube dan lain lain. Adapun yang perlu diingat jangan terlalu sering apalagi dalam jumlah yang banyak, karena bisa dianggap spam dan justru berpengaruh buruk bagi teknik SEO.
5)      Bertukar link
Cara ini yang sering dilakukan oleh para blogger, yaitu dengan bertukar link. Blog kita mencantumkan URL blog teman begitu juga sebaliknya supaya mendapatkan kunjungan balik dari pemilik blog maupun visitor dari pemilik blog lain.
6)      Web direction
Cara ini di lakukan dengan menaruh URL kita di website yang menyediakan web direction. Contohnya anda bisa klik beberapa web directionyang berada dikanan blog yang berjudul backlink berkualitas.


C.    Cara Kerja Dan Keywoard dalam SEO
Persaingan bisnis diinternet sangat luas dan juga ketat. Meskipun search engine sudah ada , namun persaingan tidak berhenti begitu saja. Hal ini dikarenakan listing web di search engine result page menjadi arena untuk memperjuangkan kemerdekaan berada di halaman pertama sebagai hasil pencarian melalui SEO.
            Ada ratusan ribu bahkan jutaan list dalam sekali tampilan halaman setelah pengunjung mengetikan keywoard tertentu . tentunya pengunjung jarang melihat ke halaman halaman belakang dan cenderung memprioritaskan apa yang pertama kali  di lihat pada halaman pertama hasil pencarian. Inilah yang memicu persaingan untuk mendapatkan peringkat di halaman pertama, karena peringkat tersebut berarti kemungkinan trafik pengunjung yang berlimpah. Oleh karena itu, perlu diketahui cara kerja dan keywoard dalam seo.
1.      Cara Kerja SEO
Adapun untuk menguasai SEO lebih jauh ,maka memahami prinsip kerja search engine merupakan langkah awal yang baik. Ketika seseorang melakukan pencarian di google search engine hasilnya dapat begitu cepat di hadirkan sesuai query yang diinginkan. Tahukah anda bagaimana google dapat menemukan halaman web yang sesuai dengan query tersebut ? dalam hal ini google dapat disamakan dengan sebuah buku besar yang memiliki indeks lengkap, mudah di gunakan , dan mudah dicari. Di mana ketika user melakukan pencarian, program google melakukan cek terhadap indeks yang dimilikinya untuk menemukan dan menyusun hasil pencarian yang relevan sesuai dengan yang dicari.
Terdapat tiga konsep atau proses kunci yang memungkinkan google dapat menemukan halaman web yang sesuai dengan query. Adapun ketiga konsep atau proses kunci tersebut,sebagai berikut.
a.       Crawling (perayapan)
Crawling atau perayapan adalah proses googlebot (bisa juga disebut sebagai robot,bot spider,spiderbot) mencari halaman halaman  baru atau yang di-update untuk ditambahkan ke dalam indeks google. Program googlebot inilah yang bertugas melakukan pekerjaan tersebut dengan menggunakan algoritma untuk menentukan situs atau halaman web mana saja yang akan dirayapi, seberapa sering perayapan (crawl) di lakukan dan berapa banyak halaman web yang akan diambil dari sebuah web






Tidak ada komentar:

Posting Komentar