SEARCH
ENGINE OPTIMAZITION (SEO)
Data
yang tersedia di internet sangat banyak dan beragam. Hal yang di lakukan dalam
mencari data yang diinginkan yakni dengan menuliskan kata yang sesuai dengan
pencarian di mesin pencari internet. Mesin ini disebut dengan Search Engine
Optimization (SEO). Para pemasar dapat memaksimalkan mesin pencari ini dengan
beberapa strategi dan teknik optimasi SEO,salah satunya dengan memperbanyak
artikel dan pengunjung dari wbsite pemasar yang telah di sediakan. Untuk memahami
tentang Search Engine Optimization (SEO), simaklah materi berikut !
A.
Pengertian
SEO
Dalam kegiatan
pemasaran online,SEO memiliki peranan yang penting. Hal ini dikarenakan SEO
dalam bisnis online mampu memberikan pengaruh yang signifikan pada usaha
pengembangan bisnis. Berikut akan dijelaskan mengenai pengertian SEO dan jenis
jenis optimasi SEO.
1.
Pengertian
SEO menurut paera ahli
Di dunia bisnis yang semakin berkembang saat ini,
baik pengusaha skala kecil maupun besar masing-masing berlomba untuk mengajukan
eksistensinya melalui web yang jaauh lebih besar. Oleh karena itu, kehadiran
search engine merupakan salah satu solusi agar website para pengusaha tersebut
dapat ditemukan dengan mudah . lalu ,apa itu SEO? Adapun pengertian SEO menurut
bebrapa ahli,sebagai berikut.
a.
Neil
Patel
SEO adalah sebuah seni untuk mmahami search engine
dan menggunakan pengetahuan tersebut untuk membuat sebuah website memiliki
peringkat lebih tinggi di dalam search engine.
b.
Danny
Sullivan
SEO adalah seseorang yang mengerti bagaimana orang
mencari seuah informasi dan memastikan bahwa mereka atau klein mereka cukup
terlihat di area pencarian gratis yang di sediakan.
c.
Rand
Fishkin
SEO adalah kombinasi dari taktik dan strategi yang
mencakup tetapi tidak dibatasi oleh optimalisasi informasi, kemudahan
penggunaan ,fokus pada konten , penargetan audiensi, desain , perkembangan
situs, penelitian keywoard, penempatan keywoard, link building, social media
marketing dan segala macam elemen marketing dan segala macam eleman marketing
online maupun offline yang mndukung tujuan untuk menerima lebih banyak trafik
dari search engine.
Adapun yang di maksud dengan search engine
optimization, yang biasa do singkat SEO adalah suatu usaha yang di lakukan pada
sebuah blog yang bertujuan untuk
meningkatkan jumlah traffik kunjungan melalui mesin pencari menuju wbsite atau
blog tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari
tersebut yang biasa di kenal dengan istilah optimasi SEO. Selain itu, dalam
mesin pencari juga terdapat SERP (Search Engine Result Page). Search Engine
Result Page(SERP), yaitu daftar halaman web yang di tampilkan oleh search
engine sebagai respon terhadap kata teknik yang di ketik pada mesin pencari.
2.
Teknik
SEO
Dalam SEO terdapat 2 teknik yang dapat di gunakan
untuk melakukan optimasi. Di mana kedua jenis teknik SEO, sebagai berikut.
a. Teknik
white hat SEO
Teknik white hat SEO adalah suatu teknik optimasi
SEO yang dipergunakan oleh seorang webmaster untuk mengoptimasi web atau blog
mereka dengan cara legal dan tidak melanggar kebijakan yang di tetapkan oleh
search engine.
b. Teknik
black hat SEO
Teknik black hat SEO adalah suatu teknik optimasi
SEO yang di pergunakan oleh seorang webmaster untuk mengoptimasi web atau blog
mereka dengan cara ilegal yang melanggar perarturan dan kebijakan yang di
tetapkan oleh search engine.
B. Jenis Optimasi SEO
Search Engine
Optimization (SEO) merupakan upaya untuk meraih peringkat utama di hasil
pencarian search engine. Apa yang du optimalkan ? Website dan visibilitasnya di
dunia internet.
Mesti SEO merujuk pada
frase search engine optimization , namun sebenarnya yang di sesuaikan dan di optimalkan
adalah websitnya,agar isi dan struktur web sesuai dengan kemampuan dan setting
algoritma search engine. Di mana dalam SEO ini terdapat dua jenis optimasi. Kedua
optimasi tersebut adalah optimasi SEO on page dan optimasi SEO off page. Meskipun
jenis optimasinya berbeda, namun tujuannya tetap sama. Tujuan dari di lakukannya optimasi SEO
on page maupun optimasi SEO off page,yaitu menempatkan sebuah situs web atau
blog pada posisi teratas hasil pencarian, atau setidaknya halaman pertama hasil
pencarian berdasarkan keywoard (kata kunci) tertentu yang di bidik atau di
targetkan dan perbedaanya terletak pada cara optimasinya.
Berikut penjelasan
mengenai masing masing optimasiSEO.
1.
Optimasi
SEO on page
Tahukah anda apa itu optimasi SEO on page ? Optimasi
SEO adaalah sebuah optimasi mesin pencari yang dilakukan pada blog atau website
yang dimaksud dari dalam blog itu sendiri. Adapun jenis optimasi SEO on
page,sebagai berikut.
a. Optimasi
SEO on page pada URL
Terkadang banyak orang yang mampu memahami tentang
URL yang baik. Di mana URL yang baik itu seharusnya berisikan
domain/kategori/sub_kategori/judul_artikel.
b. Optimasi
SEO on page pada domain
Untuk domain ,jika memang di gunakan sebagai
keywoard makan disarankan tanpa menggunakan tanda pemisah seperti “-“. Misal kata
kunci yang ingin di optimasikan adalah “tutorial bisnis online” maka akan
lebihbaik membuat domain “http://tutorialbisnisonline.com” daripada http://tutorial-bisnis-online.com.
c. Optimasi
SEO on page pada judul halaman (title page)
Judul halaman sudah tentu diupayakan mengandung kata
kunci yang di targetkan, karena bagaimanapun judul halaman haruslah berisi kata
penting pada halaman tersebut. Ini juga yang menjadi dasar berkembangnya teknik
dynamic heading , di mana para pembuat blog atau web berupaya agar halaman
artikel menampilkan judul artikel sebagai judul halaman. Poin dari judul
halaman sangat besar di dalam teknik onpage halaman web.
d. Optimasi
SEO on page dengan meta description
Meta desciption yang baik adalah berbeda-beda pada
setiap artikel karena masing masing artikel memiliki topik sendiri. Meta description
ini harus memperhatikan beberapa hal,yaitu :
1) Panjangnya
meksimal 150 karakter
2) Tidak
mengulang suaru kata lebih dari dua kali.
3) Mengandung
kata kunci tertarget di bagian-bagian awal.
e. Optimasi
SEO on page pada title tag
bagian ini berada pada <head>,dan kodenya
adalah :<title>isi dari title tag</title>. Dimana yang terpenting
adalah apa saja yang bisa anda isikan pada title tag ini. Cara terbaik mengisi
title tag adalah dengan menggunakan kata kunci dan pamjangnya tidak lebih dari
70 karakter. Adapun yang perlu diketahui bahwa semakin di depan kata itu, maka
poinya akan sangat tinggi. Jadi sebaiknya format dari isi title tag adalah
JUDUL ARTIKEL saja, atau JUDUL ARTIKEL-NAMA BLOG.
Sebaiknya hindari struktur NAMA BLOG:JUDUL ARTIKEL,
kecuali blog atau web anda sudah punya reputasi yang sangat baik.
f. Optimasi
SEO on page pada gambar
Berhubung Google dan yang lainnya belum dapat
mengenali gambar , maka cara terbaik memberitahu Google apa isi dari gambar
adalah menggunakan alt tag. Ini termasuk salah satu teknik on page, karena
tujuan utama dari sebuah halaman web adalah memberikan informasi yang paling
relavan kepada pembacanya , dan terkadang informasi itu dapat berupa gambar.
g. Optimasi
SEO on page pada artikel atau berita
Dalam optimasi SEO on page pada artikel atau berita
usahakan keywoard density (kepadatan kat kunci) tidak kurang dari 3%. Selain itu
, yang tidak kalah penting adalah menyebarkan keywoard tersebut dengan alami
sehingga tetap enak di baca pengunjung.
2. Optimasi
SEO off page
Jika optimasi SEO on page dilakukan dari dalam blog
, maka optimasi SEO off page di lakukan dari luar blog itu. Jadi, SEO off page
merupakan hal hal yang di lakukan di luar halaman web pages demi meningkatkan
kinerja di search engine berdasarkan targhet keywoard yang memiliki hubungan
dengan konten. Misalnya dengan mencari backlink, entah lewat bertukar link ,
banner,ataupun berkmentar di blog atau web orang lain.
Beberapa contoh SEO off page , yaitu :
a. Backlimk
dari website atau blog lain.
b. Submit
site map ke webmaster tools. Google webmaster tools adalah alat yang di
sediakan oleh google untuk para webmaster (pemilik website). Alat ini membantu
agar website atau blog bisa terpantau
dengan maksimal oleh google, dan di sisi lain memberi laporan yang mendetail
tentang blog kepada pemilik.
c. Posting
artikel atau berita ke berbagai situs atau forum sosial bookmarking.
d. Blog
walking.
e. Ping
blog. Ping adalah cara yang dilakukan oleh blogger untuk memberitahukan update
konten kepada search engine. Sinyal XML-RPC
akan dikirim kesatu atau lebih server ping yang memberitahukan bahwa situs atau
blog tertentu memiliki konten yang baru. “dari berbagai sumber”,contoh
:http://pingomatic.com/
Seperti yang anda ketahui , bahwa salah satu contoh
SEO off page adalah backlink. Di mana back link adalah link dari blog atau
website lain ke blog atau website anda. Sebuah backlink diibaratkan adalah
sebuah rekomendasi , semakin banyak yang merekomendasikan , maka blog anda akan
lebih mendapatkan perhatian dari search engine . adapun untuk memilih backlink
perlu di perhatikan beberapa hal. Selain itu untukmembuat blacklink juga terdapat
banyak metode atau cara yang dapat di gunakan.
Berikut adalah hal hal yang harus diperhatikan dalam
memilih backlink dan metode untuk membuatnya.
a. Hal
hal yang perlu di perhatikan dalam memilih backlink
Adapun hal hal yang perlu di perhatikan dalam
memilih backlink,sebagai berikut.
1) Dalam
memilih website yang nantinya akan di letakan backlink perlu mempertimbangkan
trafik dan pagerank yang lebih baik dari web yang dimiliki, karena jika lebih rendah
justru akan memberi pengaruh buruk pada web yang berujung pada SERP yang tidak
baik.
2) Carilah
website yang dapat merekomendasikan pengunjungnya untuk mengarahkn keling
perusahaan . sehingga web perusahaan akan di banjiri oleh pengunjung secara
instan.
3) Dalam
membuat backlink juga harus memperhatikan aturan SEO , agar tidak di anggap
melakukan spamming. Karena melakukan spamming tidak dianjurkan dalam SEO dan
tidak di sukai oleh Google. Bisa jadi web perusahaan malah di kick oleh Google
dan hilang dari indeks pencarian.
4) Buatlah
backlink secukupnya dan hindari menaruh backlink di situs yang mengandung
pornografi dan menyimpang dari SARA.
b. Metode
membuat backlink di blog atau website
Metode yang dapat di gunakan untuk membuat backlink
pada blog atau website sebenarnya banyak. Di mana metode tersebut , di
antaranya :
1) Blog walking
Adalah sebuah metode membuat backlink dengan cara mengunjungi blog yang mempunyai trafik tinggi dan berkomtar di postingan dengan menaruh URL blog atau web perusahaan disana. Cara ini adalah cara yang paling mudah dan sering di gunakan oleh para blogger.
2) Website Submiting
Website Submiting adalah metode membuat backlink dengan melakukan submit web seseorang atau perusahaan ke dalam directory website yang menyediakan jawa web submiting.
3) Social Bookmarking
Metode ini dilakukan dengan cara membuat artikel di situs social bookmarking dan menaruh link di sana. Banyak sekali situs social bookmarking baik dari Indonesia maupun dari luar negeri. Contohnya : reddit.com,infogue.com, delicious.com, digg.com, twitter.com, dan lain-lain.
4) Sosial media
Cara ini di lakukan dengan share sebuah link melalui sosial media seperti facebook, gplus, Twitter, Youtube dan lain lain. Adapun yang perlu diingat jangan terlalu sering apalagi dalam jumlah yang banyak, karena bisa dianggap spam dan justru berpengaruh buruk bagi teknik SEO.
5) Bertukar link
Cara ini yang sering dilakukan oleh para blogger, yaitu dengan bertukar link. Blog kita mencantumkan URL blog teman begitu juga sebaliknya supaya mendapatkan kunjungan balik dari pemilik blog maupun visitor dari pemilik blog lain.
6) Web direction
Cara ini di lakukan dengan menaruh URL kita di website yang menyediakan web direction. Contohnya anda bisa klik beberapa web directionyang berada dikanan blog yang berjudul backlink berkualitas.
1) Blog walking
Adalah sebuah metode membuat backlink dengan cara mengunjungi blog yang mempunyai trafik tinggi dan berkomtar di postingan dengan menaruh URL blog atau web perusahaan disana. Cara ini adalah cara yang paling mudah dan sering di gunakan oleh para blogger.
2) Website Submiting
Website Submiting adalah metode membuat backlink dengan melakukan submit web seseorang atau perusahaan ke dalam directory website yang menyediakan jawa web submiting.
3) Social Bookmarking
Metode ini dilakukan dengan cara membuat artikel di situs social bookmarking dan menaruh link di sana. Banyak sekali situs social bookmarking baik dari Indonesia maupun dari luar negeri. Contohnya : reddit.com,infogue.com, delicious.com, digg.com, twitter.com, dan lain-lain.
4) Sosial media
Cara ini di lakukan dengan share sebuah link melalui sosial media seperti facebook, gplus, Twitter, Youtube dan lain lain. Adapun yang perlu diingat jangan terlalu sering apalagi dalam jumlah yang banyak, karena bisa dianggap spam dan justru berpengaruh buruk bagi teknik SEO.
5) Bertukar link
Cara ini yang sering dilakukan oleh para blogger, yaitu dengan bertukar link. Blog kita mencantumkan URL blog teman begitu juga sebaliknya supaya mendapatkan kunjungan balik dari pemilik blog maupun visitor dari pemilik blog lain.
6) Web direction
Cara ini di lakukan dengan menaruh URL kita di website yang menyediakan web direction. Contohnya anda bisa klik beberapa web directionyang berada dikanan blog yang berjudul backlink berkualitas.
C.
Cara Kerja Dan Keywoard dalam SEO
Persaingan bisnis
diinternet sangat luas dan juga ketat. Meskipun search engine sudah ada , namun
persaingan tidak berhenti begitu saja. Hal ini dikarenakan listing web di
search engine result page menjadi arena untuk memperjuangkan kemerdekaan berada
di halaman pertama sebagai hasil pencarian melalui SEO.
Ada ratusan ribu bahkan jutaan list dalam sekali tampilan
halaman setelah pengunjung mengetikan keywoard tertentu . tentunya pengunjung
jarang melihat ke halaman halaman belakang dan cenderung memprioritaskan apa
yang pertama kali di lihat pada halaman
pertama hasil pencarian. Inilah yang memicu persaingan untuk mendapatkan
peringkat di halaman pertama, karena peringkat tersebut berarti kemungkinan
trafik pengunjung yang berlimpah. Oleh karena itu, perlu diketahui cara kerja
dan keywoard dalam seo.
1. Cara
Kerja SEO
Adapun untuk menguasai
SEO lebih jauh ,maka memahami prinsip kerja search engine merupakan langkah
awal yang baik. Ketika seseorang melakukan pencarian di google search engine
hasilnya dapat begitu cepat di hadirkan sesuai query yang diinginkan. Tahukah anda
bagaimana google dapat menemukan halaman web yang sesuai dengan query tersebut
? dalam hal ini google dapat disamakan dengan sebuah buku besar yang memiliki
indeks lengkap, mudah di gunakan , dan mudah dicari. Di mana ketika user
melakukan pencarian, program google melakukan cek terhadap indeks yang
dimilikinya untuk menemukan dan menyusun hasil pencarian yang relevan sesuai
dengan yang dicari.
Terdapat tiga konsep
atau proses kunci yang memungkinkan google dapat menemukan halaman web yang
sesuai dengan query. Adapun ketiga konsep atau proses kunci tersebut,sebagai
berikut.
a. Crawling
(perayapan)
Crawling atau perayapan adalah proses googlebot
(bisa juga disebut sebagai robot,bot spider,spiderbot) mencari halaman
halaman baru atau yang di-update untuk
ditambahkan ke dalam indeks google. Program googlebot inilah yang bertugas
melakukan pekerjaan tersebut dengan menggunakan algoritma untuk menentukan
situs atau halaman web mana saja yang akan dirayapi, seberapa sering perayapan
(crawl) di lakukan dan berapa banyak halaman web yang akan diambil dari sebuah
web
Tidak ada komentar:
Posting Komentar